Contoh RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) IPA SMP Materi Reproduksi Pada Tumbuhan dan Hewan


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMP Muhammadiyah 1 Makassar
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IX (Sembilan)/ I (Satu)
Materi Pokok              : Reproduksi Pada Tumbuhan dan Hewan
Alokasi Waktu            : 15 x 40’

A.  Kompetensi Inti
KI-1:  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan da keberadaannya.
KI-3:  Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan produseral) berdasarkan rasa ingi tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait denga fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4:  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Memahami system  perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan
3.2.1.  Mampu mengetahui reproduksi seksual pada hewan
3.2.2.  Mampu menjelaskan perbedaan fertilisasi internal dan fertilisas eksternal.
3.2.3.  Menjelaskan penggolongan hewan penggolongan hewan berdasarkan perkembangan embrio pada reproduksi seksual.
3.2.4.  Mampu membedakan proses metamorphosis sempurna dan tidak sempurna.
4.2 Menyajikan karya hasil perkembangan pada tumbuhan
4.2.1.  Mengidentifikasi dan membuat laporan hasil studi tetang bagian hewan dalam reproduksi aseksual.
4.2.2.  Mengidetifikasi dan membuat laporan hasil studi tetang alat reproduksi pada hewan.
C.  Tujuan Pembelajaran
Pertemuan V:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan reproduksi seksual pada hewan.
2.      Menyebutkan macam macam reproduksi aseksual pada hewan.
3.      Menjelaskan peggolongan hewan berdasarkan perkembangan embrio pada reproduksi seksual.
4.      Membedakan metamorphosis sempurna dan metamorphosis tidak sempurna.
D.  Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
1.      Reproduksi seksual dan aseksual pada hewan.
Materi Pembelajaran Pengayaan
1.      Menjelaskan perbedaan metamorphosis sempurna dan metamorphosis tidak sempurna.
Materi Pembelajaran Remedial
1.      Organ reproduksi pada hewan.
E.  Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang akan dilaksanakan antara lain;
1.      Model pembelajaran Kontekstual (CTL)
2.      Model pembelajaran Koperatif (CL)
F.   Media Pembelajaran
1.      Gambar print tentang reproduksi pada hewan.
2.      Power Point
G. Sumber Belajar 
Modul Pengayaan Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas IX oleh Titik Handayani dkk.
H.  Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 5 (2 Jam pelajaran 80 menit)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·   Peserta didik akan memulai pembelajaran dengan menyiapkan kelas oleh ketua kelas lalu setelah itu akan dilanjutkan dengan membaca do’a sebelum belajar dan surah pilihan.
·   Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mengecek perlengkapan dan kelengkapan peralatan yang diperlukan.
Langkah 1: Menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik
·   Peserta didik akan menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan yang dikaitkan dengan materi sebelumnya.
·   Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, dan metode penilaian yang akan dilaksanakan.
15 menit
Inti
Langkah 2: Klarifikasi Masalah
·   Guru menyampaikan garis besar cakupan materi tentang reproduksi seksual pada hewan dan macam macam reproduksi aseksual pada hewan.
·   Guru akan membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4-5 orang.
·   Peserta didik akan terlebih dahulu memperhatikan lebih lanjut tentang reproduksi pada hewan secara seksual maupun aseksual.
·   Peserta didik dalam kelompok akan memperhatikan gambar yang telah dibagikan dan memperhatikan gambar yang telah tertera pada media tersebut.
·   Guru akan membagikan sebuah LK dan peserta didik akan membaca petunjuk dari LK tersebut dan mampu menjelaskan tentang reproduksi seksual pada hewan dan proses metamorphosis sempurna maupun tidak sempurna.
·   Guru akan melakukan pembimbingan terkait dengan hal yang tidak dimengerti oleh siswa pada saat megerjakan LK secara berkelompok. Kelompok lain juga bisa menanggapi hasil diskusi mereka.
Langkah 3: Brainstorming
·   Peserta didik akan melakukan diskusi dalam kelompok dan mengidentifikasi poin poin yang harus mereka pecahkan, apa yang perlu diketahui, apa yang perlu dilakuka dalam memecahka masalah tersebut dengan cara menyusun pertanyaan pertanyaan sebagai berikut;
-Apa pengertian reproduksi secara seksual?
-Sebutkan macam macam reproduksi aseksual pada hewan!
-Jelaskan bagaimana daur hidup hewan yang mengalami metamorphosis secara sempurna.
·   Peserta didik dalam kelompok melakukan brainstorming dengan cara saling bertukar informasi, dan klarifikasi informasi untuk mencari alternatif alternatif  penyelesaian masalah berdasarkan pengetahuan yang ia miliki.
Langkah 4: Pengumpulan Informasi dan Data
·   Siswa secara mandiri maupun kelompok mengumpulkan data dan informasi (pengetahuan, konsep, teori) dari berbagai sumber.
·   Siswa menggunakan informasi yag telah diperolehnya untuk menemukan pemecahan masalah dan solusinya.
Langkah 5: Bergbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Pencapaian Masalah
·   Siswa dalam kelompok berbagi informasi dan berdiskusi utuk menemukan dan menentukan solusi yang dianggap paling tepat untuk menyelesaikan masalah.
·   Peserta didik dalam kelompok masing masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan.
·   Peserta didik dalam kelompok membuat laporan hasil studi di buku tulis mereka sebagai pegangan.
Langkah 6: Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah
·   Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan.
·   Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentas meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
Langkah 7: Refleksi
·   Peseta didik melakukan refleksi, resume, dan membuat kesimpulan secara lengkap, konferhensif, dan dibantu guru dari materi yang telah dipelajari yaitu reproduksi seksual dan aseksual pada hewan.
·   Guru memberika apresiasi atas pastisipasi semua peserta didik.
85 menit
Penutup
·   Guru memfasilitasi siswa membuat butir butir kesimpula mengenai materi yang dipelajari.
·   Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil kerja siswa.
·   Peserta didik mendengarkan arahn guru untuk materi berikutnya.
·   Untuk memberi penguatan materi yang telah dipelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku buku diperpustakaan atau mencari di internet.
20 menit
I.     Penilaian
1.      Teknik penilaian
a.       Sikap spiritual
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh butir instrumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar observasi (catatan jurnal)
terlampir
Saat pembelajaran berlangsung
Untuk penilaian dan pembelajaran
b.      Sikap sosial
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh butir instrumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar observasi (catatan jurnal)
Terlampir
Saat pembelajaran berlangsung
Untuk penilaian dan pembelajaran
2
Penilaian diri
Lembar observasi (catatan jurnal)
Terlampir
Saat pembelajaran usai
Untuk penilaian dan pembelajaran
3
Penilaian teman sejawat
Lembar observasi (catatan jurnal)
Terlampir
Saat pembelajaran usai
Untuk penilaian dan pembelajaran
c.       Pengetahuan  
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh butir instrumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Soal essay/uraian
Terlampir
Saat pembelajaran usai
Untuk penilaian dan pembelajaran juga penilaian sebagai pembelajaran 
d.      Keterampilan
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh butir instrumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Proyek
Membuat laporan ataupun media berupa gambar/foto tentang proses metamorphosis sempurna dan tidak sempurna
Perbedaan antara metamorphosis sempurna dan tidak sempurna
Di luar proses belajar mengajar dan berlangsung selama sepekan
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran.
2.      Pembelajaran remedial
Berdasarkan hasil analisis ulaga harian, peserta didik yag belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.       Bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤20%;
b.      Belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c.       Pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥50%.
3.      Pembelajaran pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal soal yang terkait dengan materi.

Komentar

Postingan Populer