Contoh RPP Genetika IPA SMP Kelas IX


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMP Muhammadiyah 1 Makassar
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IX (Sembilan)/ I (Satu)
Materi Pokok              : Reproduksi Pada Tumbuhan dan Hewan
Alokasi Waktu            : 15 x 40’

A.  Kompetensi Inti
KI-1:  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan da keberadaannya.
KI-3:  Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan produseral) berdasarkan rasa ingi tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait denga fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4:  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup.
3.3.1.  Mendefinisikan pewarisan sifat pada makhluk hidup.
3.3.2.  Menjelaskan struktur DNA dan RNA.
3.2.3.  Membandingkan kromosom laki laki dan perempuan.
3.2.4  Menunjukkan hubungan antara kromosom, DNA, dan RNA terhadap karakteristik makhluk hidup.
4.3. Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait dengan tanaman dan hewan hasil pemuliaan.
4.2.1.  Membuat model DNA.
4.2.2.  Mengidentifikasi dan membuat laporan hasil studi tentang kelainan pada pewarisan sifat.
C.  Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat;
1.      Mendefinisikan pewarisan sifat pada makhluk hidup.
2.      Menjelaskan struktur DNA dan RNA.
3.      Membandingkan kromosom pada laki laki dan perempuan.
4.      Membuat model DNA.
D.    Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
1.      Pengertian dan pewarisan sifat pada makhluk hidup.
2.      Struktur DNA dan RNA.
Materi pembelajaran pengayaan.
-          Persilangan dihibrid dan monohybrid serta penerapannya.
Materi Pembelajaran Pengayaan
-          Persilangan dihibrid dan monohybrid.
E.     Metode Pembelajaran
Model pembelajaran Kooperatif tipe TGT.
F.     Media dan Bahan
1.      Power Point
2.      Crossword
G.    Sumber Belajar
Modul Pengayaan Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas IX oleh Titik Handayani dkk.
H.  Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 Jam pelajaran 80 menit)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·   Peserta didik akan memulai pembelajaran dengan menyiapkan kelas oleh ketua kelas lalu setelah itu akan dilanjutkan dengan membaca do’a sebelum belajar dan surah pilihan.
·   Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mengecek perlengkapan dan kelengkapan peralatan yang diperlukan.
Langkah 1: Menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik
·   Motivasi; Mendeskripsikan pewarisan sifat pada makhluk hidup, dilanjutkan Tanya jawab hingga diperoleh pemahaman konsep tentang pewarisan sifat makhluk hidup yang diturunkan pada menerima informasi serta mengaitkannya dengan materi sebelumnya.
·   Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, dan metode penilaian yang akan dilaksanakan.
15 menit
Inti
Langkah 2: Klarifikasi Masalah
·   Guru menyampaikan garis besar cakupan materi tentang pewarisan sifat pada makhluk hidup.
·   Menanyakan kepada siswa tentang kata kata penting yang telah digaris bawahi.
·   Siswa mengamati gambar 2 orang
·   Peserta didik akan terlebih dahulu memperhatikan lebih lanjut tentang materi genetik dan istilah iltilah dalam genetika.
·   Peserta didik dalam kelompok akan memperhatikan gambar yang telah dibagikan dan memperhatikan gambar yang telah tertera pada media tersebut.
·   Guru akan membagikan sebuah LK dan peserta didik akan membaca petunjuk dari LK tersebut dan mampu menjelaskan tentang komponen materi genetik, DNA dan RNA, serta istilah yang umum digunakan dalam genetika.
·   Guru akan melakukan pembimbingan terkait dengan hal yang tidak dimengerti oleh siswa pada saat megerjakan LK secara berkelompok. Kelompok lain juga bisa menanggapi hasil diskusi mereka.
Langkah 3: Brainstorming
·   Peserta didik akan melakukan diskusi dalam kelompok dan mengidentifikasi poin poin yang harus mereka pecahkan, apa yang perlu diketahui, apa yang perlu dilakuka dalam memecahka masalah tersebut dalam sebuah lembar kerja berupa Crossword yang akan diberikan perorangan.
·   Peserta didik dalam kelompok melakukan brainstorming dengan cara saling bertukar informasi, dan klarifikasi informasi untuk mencari alternatif alternatif  penyelesaian masalah berdasarkan pengetahuan yang ia miliki.
Langkah 4: Pengumpulan Informasi dan Data
·   Siswa secara mandiri maupun kelompok mengumpulkan data dan informasi (pengetahuan, konsep, teori) dari berbagai sumber.
·   Siswa menggunakan informasi yag telah diperolehnya untuk menemukan pemecahan masalah dan solusinya.
Langkah 5: Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Pencapaian Masalah
·   Siswa dalam kelompok berbagi informasi dan berdiskusi utuk menemukan dan menentukan solusi yang dianggap paling tepat untuk menyelesaikan masalah.
·   Peserta didik dalam kelompok masing masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan.
·   Peserta didik dalam kelompok membuat laporan hasil studi di buku tulis mereka sebagai pegangan.
Langkah 6: Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah
·   Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan.
·   Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentas meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
Langkah 7: Refleksi
·   Peseta didik melakukan refleksi, resume, dan membuat kesimpulan secara lengkap, konferhensif, dan dibantu guru dari materi yang telah dipelajari yaitu materi genetik dan istilah istilah dalam genetika.
·   Guru memberika apresiasi atas pastisipasi semua peserta didik.
85 menit
Penutup
·   Guru memfasilitasi siswa membuat butir butir kesimpula mengenai materi yang dipelajari.
·   Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil kerja siswa.
·   Peserta didik mendengarkan arahn guru untuk materi berikutnya.
·   Untuk memberi penguatan materi yang telah dipelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku buku diperpustakaan atau mencari di internet.
20 menit
I.     Penilaian
1.      Teknik penilaian
a.       Sikap spiritual
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh butir instrumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar observasi (catatan jurnal)
terlampir
Saat pembelajaran berlangsung
Untuk penilaian dan pembelajaran
b.      Sikap sosial
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh butir instrumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar observasi (catatan jurnal)
Terlampir
Saat pembelajaran berlangsung
Untuk penilaian dan pembelajaran
2
Penilaian diri
Lembar observasi (catatan jurnal)
Terlampir
Saat pembelajaran usai
Untuk penilaian dan pembelajaran
3
Penilaian teman sejawat
Lembar observasi (catatan jurnal)
Terlampir
Saat pembelajaran usai
Untuk penilaian dan pembelajaran
c.       Pengetahuan 
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh butir instrumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Soal essay/uraian
Terlampir
Saat pembelajaran usai
Untuk penilaian dan pembelajaran juga penilaian sebagai pembelajaran 
d.      Keterampilan
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh butir instrumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Proyek
Membuat media tentang perbedaan DNA dan RNA 
Perbedaan DNA dan RNA
Di luar proses belajar mengajar dan berlangsung selama sepekan
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran.
2.      Pembelajaran remedial
Berdasarkan hasil analisis ulaga harian, peserta didik yag belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.       Bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤20%;
b.      Belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c.       Pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥50%.
3.      Pembelajaran pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal soal yang terkait dengan materi.

Komentar

Postingan Populer